Latest Movie :

Demam batu akik, Bupati Wonogiri imbau PNS kenakan Fire Opal


.Demam batu akik, Bupati Wonogiri imbau PNS kenakan Fire Opal



Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah terkenal mempunyai kekayaan alam berupa batu permata yang indah. Salah satunya adalah jenis Fire Opal atau Barjad Api, asal Bukit Manggal, Dusun Simpangan, Desa Hargantoro, Kecamatan Tirtomoyo.

Saking terkenalnya batu permata tersebut, Bupati Danar Rahmanto bahkan mengimbau kepada jajaran Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Wonogiri, mengenakan Fire Opal. "Batu Fire Opal asal Wonogiri keindahannya mengalahkan Fire Opal asal Meksiko dan Tanzania di pameran batu mulia internasional beberapa waktu lalu. Saya mengimbau semua PNS mengenakan Fire Opal asli Wonogiri," ujar Danar kepada merdeka.com, Selasa (10/2) malam.

Menurut Bupati, imbauan menggunakan Fire Opal dilakukan lantaran batu mulia tersebut saat ini sedang 'booming'. "Imbauan ini sekaligus untuk menggenjot potensi ekonomi di Kabupaten Wonogiri. Kami ingin masyarakat menikmati dan mendapatkan nilai lebih dari kekayaan alam yang kami miliki, tandasnya.

Menurut Danar ada beberapa jenis batu mulia jenis Fire Opal dari Wonogiri, yakni jenis Green, Red Fanta, Red Tea dan Yellow Bimoli. Ia menjelaskan, batu jenis ini kekerasannya bukan seperti batu akik biasa, namun menyamai batu mulia.

"Potensi ekonominya sangat besar sekali. Kami optimis, potensi minat di pasaran sangat tinggi," ucapnya.

Danar menyebut keindahan Barjad Api yang terpancar dari dalam Fire Opal sangat eksotis. Sementara nilai jualnya dalam bentuk bahan hampir menyamai batu bacan asal Kepulauan Maluku.

"Beberapa hari lalu, ada yang sudah melakukan transaksi dengan nilai fantastis. 1,5 kilogram bahan mentah Fire Opal dijual dengan harga Rp 98 juta. Tidak kalah dengan batu bacan," ujarnya.

sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/54df8168c0cb1726628b4568/daerah---daerah-ini-naikan-pamor-batu-akik



Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. TOPIK HARI INI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger